Harga Honda Vario 150 - Kelebihan & Kekurangan

Sejak skuter matik andalan Honda, yaitu Vario, pertama kali hadir delapan tahun yang lalu, telah mendapat sambutan yang sangat meriah dari konsumen sepeda motor di Indonesia. Sepeda motor yang mengutamakan kenyamanan dan kerap digunakan sebagai pelengkap gaya hidup ini laris hingga mencapai penjualan yang terbilang sukses dijajaran kelas motor bebek matic indonesia. Salah satu penyebabnya adalah karena modelnya yang menarik dan mudah dikendarai. Vario generasi pertama hadir dengan mesin berkapasitas 110cc. Kala itu, ukuran ini dianggap cukup ideal untuk penggunaan di dalam kota, yang memang menjadi target utama konsep skutik.

Sering perkembangannya, Honda kemudian meningkatkan kapasitas mesin menjadi type Vario125 dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, demi bisa bersaing dengan kompetitor. Apalagi motor-motor baru saat itu sudah mulai beralih ke kapasitas yang lebih besar. Di awal 2015 ini, Honda kembali meluncurkan model Vario terbaru. Lagi-lagi kapasitas mesin naik, menjadi 150cc. Di Indonesia, Honda menjadi produsen pertama yang menyediakan skutik dengan kapasitas mesin yang dulu hanya akrab dipakai oleh jenis motor sport. Selain lebih bertenaga, Honda juga menyematkan beberapa fitur baru yang dianggap mampu membuat pengguna jadi lebih nyaman saat mengendarainya.


Desain
Setiap perubahan yang dilakukan pada Vario, Honda tampaknya ingin membuat tampilan motor ini menjadi makin futuristik. Di generasi terbaru ini, desain bodi terlihat lebih tajam dan bongsor. Banyak sudut-sudut tajam di lekukan bagian depan dan belakang. Sepintas, desain Vario baru ini tampak seperti pesawat tempur Sukhoi yang digunakan Angkatan Udara RI, tajam namun terlihat elegan.

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, Honda menurunkan ketinggian jok agar pengendara dengan tinggi badan 170 sentimeter dapat dengan mudah menyangga motor. Sayangnya, mereka yang memiliki tinggi badan di bawah itu harus rela bertumpu pada ujung jari kaki. Bodi yang bongsor identik dengan berkurangnya kelincahan saat menyelip di antara antrean mobil. Itu sebabnya jarak antara roda depan dan belakang motor ini dikurangi sedikit, agar lebih gesit.

Mereka yang sebelumnya pernah menunggangi Vario Techno tentu tidak akan merasakan perbedaan yang berarti saat mengendarai motor ini, tentunya dalam hal faktor ergonomis. Kombinasi posisi jok yang sedikit tinggi di bagian belakang dan setang yang agak rendah membuat posisi riding menjadi sedikit sporty.

Teknologi
Berbicara tentang teknologi, Vario 150 eSP ini sudah dilengkapi dengan lampu depan LED berwarna putih. Lampu ini mampu menerangi jalan secara maksimal apabila tidak sedang turun hujan. Satu hal yang selalu ada di setiap produk Honda adalah indikator lampu belok yang terpisah di panel instrumen. Hal ini memudahkan pengendara untuk mengetahui arah mana yang hendak dituju.

Selain itu, Honda juga menaruh tombol klakson di atas tombol lampu belok, sehingga jempol kiri pengendara dapat dengan mudah meraihnya. Konsep ini sudah diterapkan pada seri Vario sebelumnya, dan dinilai cukup efektif mengurangi kebiasaan menekan tombol klakson.

Teknologi yang juga masih relatif baru adalah fitur penghemat bahan bakar yang dinamakan idling stop system (ISS). Fitur ini berguna untuk mematikan mesin saat motor berhenti lebih dari tiga detik, seperti saat antre atau macet. Sayangnya saat pengujian, sempat terjadi kerusakan pada indikator ISS, dimana lampu indikator tidak mau menyala meski tombol sudah di posisi on. Namun setelah berjalan sejauh beberapa kilometer, fitur ini kembali normal.

Fitur terakhir yang mungkin layak untuk dibahas adalah sistem pengaman lubang kunci, dimana Honda memasang semacam pegas pada tutup lubang kunci Vario 150 eSP. Jadi ketika pengendara mematikan mesin dan mencabut kunci, maka lubang akan otomatis tertutup, sehingga tidak perlu khawatir mudah dibobol pencuri.


Performa
Mesin berkapasitas 150cc memang menawarkan suasana yang berbeda saat motor ini dipacu kencang. Tenaga dari putaran bawah terus terasa hingga kecepatan sekitar 100 kilometer per jam. Berbekal tenaga mesin 12,4 daya kuda dan bobot 109 kilogram, vario 150 ideal untuk mengejar lampu hijau di setiap persimpangan lalu lintas. Pergelangan tangan pengendara harus lebih dilatih jika ingin berjalan-jalan santai dengan motor ini.

Tangki bahan bakar yang disediakan mampu menampung hingga 5,5 liter bensin. Seperti kebanyakan mesin 150cc lainnya, motor ini cukup banyak menghabiskan bahan bakar. Menurut hasil uji VIVA.co.id, konsumsi bahan bakar Vario 150 hanya berkisar di angka satu liter untuk setiap 35 kilometer, dengan penggunaan kombinasi santai dan kencang.

Dengan banderol sekitar Rp20 juta, mungkin banyak yang ragu-ragu untuk memilikinya. Namun dengan fitur dan performa yang ditawarkan, harga Honda Vario ini dianggap masuk akal. Namun Anda harus mencobanya terlebih dahulu, agar bisa mengetahui apakah desain Vario 150 eSP cocok dengan postur dan gaya mengemudi Anda.

Sumber: http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/610779-mengulas-kemampuan-honda-vario-150-esp/2

Spesifikasi Honda Vario 150 :

  1. DIMENSI
  • Panjangnya mencapai : 1921 mm.
  • Lebar hingga 683 mm.
  • Tinggi sekitar 1096 mm.
  • Jarak sumbu roda antar roda adalah 1280 mm.
  • Jarak terendah ke tanah sekitar 135 mm.
  • Berat kosong motor adalah 109 kg.
      2. RANGKA
  • Di bangun dengan menggunakan rangka jenis tulang punggung / underbone.
  • Suspensi depan teleskopik sedangkan belakang menggunakan lengan ayun dengan shockbreaker tunggal.
  • Ban depan memiliki ukuran 80/90 - 14 M/C 40 P ( tubeless ), sedangkan ban belakang memakai ukuran 90/90 - 14 M/C 46P ( tubeless ).
  • Rem depan memakai jenis cakram hidrolik dengan piston tunggal ( single-piston ), sedangkan belakang bersenjatakan rem tromol yang terintegrasi dengan teknologi combi brake system ( CBS ).
  • Menerapkan fitur modern Idling Stop System ( ISS ).
      3. MESIN
  • Mesin dengan volume langkah 149,3 cc, 4 langkah, SOHC ( Single Over Head Camshaft ), Injeksi ( PGM-FI ) dengan sistem pendinginan berupa cairan ( liquid cooled ).
  • Diameter x langkah mesinnya yakni 57,3 mm x 57,9 mm.
  • Perbandingan rasio komprehensi mesinnya adalah 10,6 : 1.
  • Daya ( power ) maksimum yang bisa dihasilkan adalah mencapai 9,3 KW / 8500 rpm, sedangkan torsi maksimum mencapai 12,8 Nm / 5000 rpm.
  • Memakai kopling yang bertipe kering, setrifugal, dan otomatis.
  • Menyalakan mesin dengan 2 cara yakni otomatis ( electric starter ) & manual ( Kick Starter ).
  • Kapasitas tangki penyimpan bahan bakar mencapai 5,5 liter.
  • Kapasitas minyak pelumas mesin ( oli ) adalah 0,8 liter per pergantian periodik ( berkala ).
      4. KELISTRIKAN
  • Kelistrikan memakai baterai 12 V - 5 Ah ( tipe MF ).
  • Sistem pengapian full transistorized ( baterai ).
  • Busi yang digunakan bertipe ND U27EPR-9 / NGK CPR9EA-9.

Harga Honda Vario 150 - Bulan Mei 2015 :

  • Harga Honda Vario 150 Exclusive Baru                    - Rp 20.050.000
  • Harga Honda Vario 150 Sporty Baru                        -Rp 19.900.000

LihatTutupKomentar