Mimpi membuat blog ramai pengunjung


Ketika seorang pemula baru membuat atau belajar blog, tentu dengan harapan ramai pengunjung  yang datang membanjiri. Akan tetapi pada kenyataanya hal ini menjadi pekerjaan yang paling berat untuk bloger yang masih baru mengenal dunia bloging. Kesulitan yang paling sering ditemui oleh seorang newbie dalam membangun serta mengelola blog adalah menemukan deskripsi yang tepat atau bisa dikatakan dengan istilah menemukan target yang akan diraih. Apalagi untuk seorang pemula yang terjun kedunia blog dengan otodidak tanpa bimbingan seseorang yang sudah professional dibidang ini.

Membedakan antara belajar secara mandiri dengan belajar menggunakan panduan dari master ataupun guru professional, sebenarnya hanya pada metode pemahaman serta langkah langkah yang semestinya diterapkan ketika mulai melangkah masuk didalam kegiatan ngeblog itu sendiri.
Rencana-strategi-membangun-blog

Pengalaman seorang bloger pemula yang belajar secara mandiri dalam arti hanya mencari petunjuk pembelajaran dari sumber sumber yang menyediakan informasi seputar cara membuat blog, dan bagaimana bisa menghasilkan banyak uang dari blog, telah banyak bertebaran di internet maupun dalam bentuk buku. Dengan metode belajar otodidak biasanya seorang newbie selalu mendahului dengan mimpi bahwa mereka akan bisa menghasilkan kesuksesan dari blog yang mereka bangun. Mimpi setinggi apapun adalah sah sah saja, namun demi menjadikannya sebuah kenyataan yang indah, tentu tidak semudah ketika kita mulai menjalaninya. 

Realita yang harus di terima oleh sebagian besar para newbie adalah kegagalan karena kebanyakan dari mereka menyerah dan kandas ditengah perjalanan. Apa yang sebelumnya telah dirancang dengan semangat ternyata sangat sulit untuk diterapkan dengan konsisten. Memang bagi bloger yang sudah professional adalah jelas dan pasti akhir dari semua itu adalah keberhasilan meraih sukses dalam segi financial. Namun apakah seorang pemula sempat berfikir seperti apa para master atau professional bloger tersebut disaat mereka juga pernah menjadi seorang pemula dengan posisi yang sama dengan kita.

Dari pemahaman di atas, sesungguhnya bisa menjadikan kita sebagai bloger pemula untuk mencoba berfikir kembali secara logis. Apa benar benar ada seorang newbie yang baru mengenal blog dalam waktu 3 bulan sudah mampu menghasilkan kekayaan dari blog yang mereka bangun. Saya rasa akan mustahil, kalaupun ada, saya  rela untuk menjadi muridnya dan siap untuk berguru dengan segenap jiwa raga demi ilmu yang sangat berharga itu. 

Nah, setidaknya bagi para bloger yang saat ini sedang dilanda galau karena sudah merasa lelah dan belum mendapat apapun yang layak untuk dibanggakan, marilah mencoba merubah sudut pandang yang lebih bijak untuk memahami dan melihat contoh contoh nyata para bloger yang sudah benar benar terbukti sukses. Apakah mereka mendapatkan itu semua dalam waktu yang singkat? Apakah mereka telah menempuh sekolah yang tinggi dan memiliki sertifikat kelulusan dalam bidang blog atau website? Ataukah mereka mengikuti kursus yang mahal dan mendapat pelajaran rahasia mengenai sukses ngeblog? 

Jawabannya sangat berfariasi, memang ada beberapa yang memulai membangun dan terjun di dalam dunia bloging melalui sebuah studi dan tidak sedikit pula yang mengawali hanya dengan cara otodidak bahkan tidak pernah mengenyam sekolah yang tinggi sekalipun. Tapi kenapa mereka bisa sukses? Disinilah letak rahasia yang perlu kita bongkar untuk kita sedikit mencuri ilmu yang sangat mahal ini. 

Jika kita pernah menemukan artikel tentang kisah sukses para bloger dengan latar belakang yang sangat minim pendidikan, tentu akan ada rasa ngiri dan penuh tanda tanya tentang cara yang mereka terapkan untuk membangun blog tersebut. Inilah salah satu motifasi yang seharusnya kita tanamkan dalam diri kita ketika kita benar benar ingin menjadi seorang bloger sukses. Saya yakin mereka yang telah mencapai keberhasilan juga tidak lepas dari atau pernah merasakan yang namanya kegagalan. Akan tetapi karena mereka mampu bertahan dan terus maju serta menjadikan kegagalan adalah sebagai pelajaran berharga, sudah barang tentu mereka akan sebisa mungkin menghindari cara yang sama untuk mendapatkan pembelajaran yang baru. 

Bagi seorang bloger yang sudah menyerah ketika gagal sekali maupun tiga kali, sepertinya memang akan sangat sulit untuk bangkit karena mereka sudah merasa apa yang dikerjakan selama ini hanyalah sia sia. Akan tetapi lain artinya jika kita bisa membuat sebuah catatan mengenai apa yang kita lakukan selama ini sehingga berakibat kegagalan, paling tidak dengan adanya catatan tersebut akan menjadikan kita lebih ingat bahwa untuk langkah selanjutnya supaya tidak mengulangi cara yang sama. Dengan hal ini kita bisa mencoba cara baru sampai benar benar mengetahui hasilnya. Inilah yang dinamakan ketahan dalam perjuangan. Kebanyakan dari para bloger sukses adalah mereka yang mampu bertahan dari kegagalan.

 

Sukses sebuah blog adalah pengunjung


Tingkatkan-trafik-blog
Blog yang dengan susah payah kita kelola bahkan sampai menghabiskan waktu dan tenaga hanya akan bisa dikatakan sukses ketika ada orang lain yang bersedia singgah dan menemukan sesuatu yang mereka cari didalamnya. Sedangkan tingkat kesuksesan itu sendiri sangat berbeda antara seorang bloger yang satu dengan yang lainnya.

Bagi seorang newbie seperti saya ini, dengan blog yang masih numpang di domain gratisan serta memiliki beberapa biji artikel, sudah barang tentu akan merasa sukses meskipun hanya memiliki pengunjung satu sampai lima orang setiap harinya. Namun kesuksesan yang saya dapatkan belum mengarah pada poin financial, mungkin masih sangat jauh dari jalan yang saya lalui saat ini. Lain lagi ceritanya jika blog yang sudah memiliki pengunjung hingga ribuan setiap harinya, sudah bisa dipastikan mereka juga akan meraih kesuksesan sisi finansialnya.  

Saya mengenal dunia blog sebenarnya sudah sejak 4 tahun yang lalu, akan tetapi karena saya memang selalu kurang konsisten dan sering menyerah, jadilah saya seorang blogger yang gagal bahkan belum bisa dibilang paham bagaimana cara ngeblog yang baik. Sampai pada saat saya menulis artikel ini, blog ini masih sangat minim pengunjung bahkan tidak jarang seminggu utuh tanpa ada yang singgah kecuali saya sendiri. Namun saya tidak akan menjadikan hal ini sebuah beban yang berat, karena saya masih harus banyak belajar untuk bisa menjadi salah satu bloger sukses di negeri ini. 

Kali ini saya sudah memantapkan hati untuk bisa lebih konsisten dengan dunia bloging yang akan saya tempuh. Kegagalan selama 4 tahun yang lalu sudah memberikan saya banyak sekali pelajaran berharga tentang bagaimana blog saya selalu gagal untuk mendapatkan pengunjung. Banyak sekali cara yang saya lakukan untuk mendapat ilmu ilmu baru yang lebih baik demi masa depan blog baru saya. Sudah pasti cara terbaik adalah dengan langsung melihat blog blog sukses yang sudah berdiri tegak di jajaran terdepan. Jika kita mampu menilai, menganalisa serta memahami apa yang kita perhatikan, ternyata disanalah rahasia besar itu akan terbuka dengan sendirinya. 

Mimpi besar seorang bloger adalah memiliki situs web dengan tampilan yang sempurna serta selalu dibanjiri pengunjung setiap harinya. Dan semua itu masih ada kesempatan untuk menjadi sebuah kenyataan dengan syarat kita bisa melihat, menganalisa, memahami, dan mengambil tindakan yang baik atas apa yang selama ini kita perhatikan dan menjadi motifasi kita agar bisa sejajar dengan mereka. Lain kali akan saya tulis cara saya mencuri ide dan membongkar kesuksesan blog orang lain untuk kita terapkan pada blog kita sehingga mampu untuk besaing secara positif.
LihatTutupKomentar