Mengatasi ranking alexa yang masih No Data


Kenapa rangking alexa blog saya masih No data, bagaimana cara mengatasi masalah ini banyak sekali ditanyakan oleh para blogger yang biasanya memiliki blog baru atau yang baru saja ganti domain. Nilai ranking alexa memang sangat penting untuk dapat memantau peringkat situs yang kita kelola berada pada posisi mana. Semakin kecil nilai yang ditampilkan menandakan bahwa peringkat situs atau blog tersebut adalah baik. Pemberian value data ranking ini dibuat menurut kapasitas atau kualitas blog berdasar trafik serta elemen SEO lainnya yang akan ikut dicatat.

Bagi sebuah blog atau situs yang sudah memiliki trafik stabil biasanya sudah memiliki data yang ditampilkan oleh alexa. Akan tetapi lain lagi dengan blog yang masih terhitung baru dan tentu saja trafik yang diraih belum seberapa biasanya memang peringkat alexa belum ditampilkan alias masih NO DATA. Sebagai langkah awal untuk mengupayakan agar blog segera dapat di ranking adalah dengan melakukan claim atas kepemilikan situs kepada situs resmi alexa. Dengan cara ini paling tidak seorang blogger telah melaporkan kepada alexa bahwa situsnya sudah siap untuk diberikan nilai. 


Menyikapi tentang cepat atau lambat data ranking alexa akan ditampilkan memang tidak bisa secara pasti. Ada yang dalam hitungan menit, jam, bahkan berhari hari sejak dilakukan claim baru bisa mendapati bahwa blog telah memiliki nilai rank alexa. Namun tidak sedikit pula yang mengalami kesulitan ketika berusaha ingin melihat peringkat alexnya meskipun semua prosedur mulai dari claim hingga optimasi blog telah di upayakan dengan maksimal, bahkan dengan trafik blog yang mulai stabil tetap saja data rank alexa masih kosong. 

Inilah perbedaan yang sangat jelas antara proses penilaian alexa yang dulu dengan yang sekarang. Saat ini situs alexa memang telah menerapkan layanan yang tidak gratis alias harus membayar. Sehingga untuk melihat semua tool atau statistic mengenai SEO sebuah blog di alexa tidak bisa gratis seperti tahun tahun terdahulu. Ketika dulu tool statistik blog di alexa masih gratis, rasanya sangat begitu mudah dan cepat, bahkan blog yang masih berumur 2 hari pun bisa dengan gampang mendapatkan data ranking alexa cukup dengan mendaftarkan dan memasang widget atau banner alexa pada blog yang ingin di rankning.

Untuk mengatasi data alexa yang masih kosong saat ini langkah pertama yang harus dilakukan adalah tetap mengajukan claim terlebih dahulu mengenai situs yang hendak di daftarkan. Tentang bagaimana cara claim situs di alexa yang terbaru anda bisa googling karena sudah banyak tutorial lengkap dengan gambar yang di ulas oleh para blogger. Disini saya hanya ingin berbagi mengenai langkah selanjutnya setelah kita sukses claim namun tetap saja blog belum memiliki peringkat alexa yang ditampilkan ( NO DATA). 

Ketika saya mengajukan claim untuk blog saya yang baru dan sukses, dengan sabar saya menunggu sehari, seminggu, bahkan hingga sebulan, kenapa masih saja no data? Menurut para master yang pernah saya ajukan pertanyaan hanya jawaban klasik yang selalu saya dapatkan. Yaitu, karena blog masih baru, trafik belum stabil, harus rajin posting, harus mencari backling berkualitas, pasang toolbar alexa di browser, dan seperti it u terus. Ok lah, saya nurut saja sampai saya bersabar menunggu hingga 4 bulan dengan data rank alexa yang tak kunjung muncul. 

Kenyataannya tetap saja tidak berubah, Posting sudah banyak, baclink lumayan, pasang toolbar di browser,  trafik mulai merangkak naik terus, data alexa masih NOL BESAR, kesal dan kecewa saya dibuatnya. Namun saya tetap tidak menyerah sampai disini. Kayaknya memang saya harus menemukan sendiri cara yang pasti mengenai penanganan masalah ini. Karena saya benar benar penasaran berapa ranking alexa blog saya saat ini apakah jutaan, ratusan atau sudah mendekati peringkat facebook yang akan saya kalahkan. Boleh kan saya mimpi kan tidak menyalahi aturan he he he……

Akhirnya saya putuskan untuk membeli versi PRO dengan harapan pihak alexa bersedia dengan senang hati akan menampilkan data ranking blog saya. Oya… karena sebelumnya memang saya sudah memiliki akun PAYPAL yang sudah terferifikasi tentu saja saya tidak kesulitan untuk membeli layanan alexa yang pro. Meskipun harganya tergolong mahal, apa salahnya saya coba untuk mengobati rasa penasaran saya. Dan akhirnya saya telah memiliki layanan berbayar tersebut dengan resmi. Skript untuk kode analitic yang diberikan telah saya pasang pada template blog saya, katanya dalam beberapa hari lagi semua data statistic blog saya meliputi trafik, backling, popular post, bounce rate, direct trafik, pokoknya lengkap deh akan segera ditampilkan. 

Kecewa dengan layanan alexa

Menunggu 2 hari untuk segera melihat data analitik blog saya dengan rasa was was apakah yang telah saya bayar tersebut akan melegakan hati saya. Antara kecewa dan tidak, satu hal, saya memang mendapati data lengkap mengenai semua data statistic SEO blog saya dari alexa dengan sangat detail. Akan tetapi rasa kecewa tetap saya rasakan karena malah data ranking alexa blog saya tetap saja ZONK strip NO DATA. Apa sebenarnya yang terjadi dengan situs saya ini. Kenapa blog blog saya yang lain yang jarang saya rawat bahkan dengan trafik minim serta tidak pernah saya optimasi malah memiliki data rank meskipun jutaan. Sedangkan  blog yang saya sayangi tidak memiliki nilai di mata alexa, saya akhirnya pasrah saja dan lebih baik tetap focus saja untuk mengisi blog dengan konten yang bermanfaat. 

Mengirim email melalui menu kontak alexa juga sudah saya lakukan dengan harapan akan di tinjau kembali situs saya yang sudah menggunakan layanan PRO tapi data rank masih kosong. Sampai detik ini saat saya membuat posting ini saya belum memperoleh jawaban dari alexa mengenai hal ini. 

Baiklah…. Saya nyerah. Hehe…… akhirnya saya meredam semua keinginan untuk melihat ranking blog kesayangan saya di alexa. Saya mengalihkan segala rasa kecewa dengan hal hal yang lebih positif. Yaitu, saya memahami kembali apa motifasi saya untuk membuat blog, apakah dengan melihat ranking alexa itu akan menjadikan blog saya sukses dan memiliki prestasi. Tidak, sesungguhnya bukan itu pencapaian sukses sebuah blog. 

Saya sadar, blog yang saya buat dengan susah payah dan penuh pengorbanan waktu dan biaya, bukan untuk bersaing di mata alexa, saya kembali ke misi semula yaitu membangun blog untuk pembaca. Hanya itu semangat yang bisa saya pegang agar tetap bisa melanjutkan karya di dunia online yang makin heboh seperti sekarang ini. Toh masih banyak tool gratisan yang bisa kita gunakan untuk menganalisa peringkat blog kita sampai dimana tingkat  nya. Kalaupun hanya sekedar untuk melihat data trafik, keyword maupun konten yang paling laris, masih bisa kita gunakan tool histat maupun tool gratisan yang ke akuratannya juga sudah layak untuk dipergunakan. 

Akhir kisah dari perjuangan saya memberikan sejumlah nominal kepada situs sebesar alexa ternyata hanyalah sia sia, sedangkan blog yang saya claim disana belum bisa menghasilkan nilai nominal sebesar apa yang telah saya bayarkan. Untuk itu bagi semua blogger yang situsnya sudah memiliki data ranking di alexa saya hanya bisa mengucapkan selamat atas pemberian itu. Sedangkan untuk sahabat sahabat blogger lain yang senasib dengan saya jangan berkecil hati dan tetap semangat melanjutkan misi utama kita membangun sebuah blog untuk apa. Dengan ketekunan serta mampu menganalisa keadaan saya optimis akan bisa memperoleh kesuksesan dari jalan ini. Karena sukses didalam dunia online memang tidak bisa dengan singkat, masih banyak ilmu yang harus kita dapatkan dengan cara yang sejatinya akan kita temukan sendiri seiring dengan semakin bertambahnya wawasan serta pengalaman kita menjelajahi internet yang tiada batas. 

Semangat dan terus berbagi….. blogger Indonesia……..
LihatTutupKomentar