Cara mudah memperbaiki aki kering motor

Bagaimana cara memperbaiki aki kering untuk motor? Jika anda adalah pemilik kendaraan bermotor yang menggunakan aki kering, mungkin suatu saat akan pernah mengalami yang namanya kondisi aki sedang tekor, soak, lemah bahkan mati, sehingga tidak kuat lagi untuk menyalakan klakson apalagi untuk elektrik starter.

Cara memperbaiki aki kering
image by: santiyoga.com
Mengingat harga aki baru yang sekarang semakin mahal, kita harus menemukan sebuah solusi untuk membuat terobosan dengan cara memperbaiki aki kering agar bisa lebih berhemat. Memang type MF battery tidak memerlukan perawatan secara berkala seperti hal nya jenis aki basah. Namun tetap tidak menutup kemungkinan bahwa aki kering juga akan rusak pada waktu tertentu. Untuk itu, jika anda memiliki aki kering yang sudah soak, lemah ataupun mati, sebaiknya jangan terburu untuk di buang, ada baiknya anda mencoba untuk memperbaikinya dengan cara yang sangat mudah sebagai berikut:

Alat alat yang di perlukan
  • Air zuur. Yaitu air yang biasanya digunakan untuk mengisi aki baru.
  • Sped suntikan. Nantinya akan digunakan sebagai alat mengisi cairan ke dalam bodi aki kering 
  • Obeng (-) atau pisau untuk mencuki / membuka cover bagian atas aki 
  • Lem plastic. Untuk menutup kembali cover atas karena harus kembali rapat tanpa ada kebocoran.

Langkah langkah cara memperbaiki aki kering

  • Buka Penutup Atas. Anda bisa menggunakan obeng (-) atau pisau tipis untuk mencongkel tutup badan aki yang bagian atas. Biasanya tutup ini akan sedikit lengket dan ketat untuk dibuka.
  • Tutup Karet Lubang Cairan. Setelah cover bagian atas terbuka, anda akan menemukan beberapa tutup yang terbuat dari karet yaitu yang menutupi lubang saluran pengisian air aki.  
  • Suntikan. Siapkan sped berisi cairan air zuur untuk ada infuskan kedalam masing masing lubang sampai batas air mencapai 1 cm di bawah lubang.
  • Merapikan kembali. Setelah semua lubang terisi dengan air aki sampai ukuran yang tepat, pastikan karet penutup anda kembalikan dengan rapat. Selanjutnya mengembalikan cover atas ke posisi semula jangan lupa berikan seal dengan lem plastic untuk mencegah terjadinya kebocoran.
Aki yang telah rapi kemudian anda coba untuk melakukan pengisian untuk pertama kalinya. Usahakan melakukan pengisian secara maksimal untuk memberikan daya inject yang sempurna. Anda bisa melakukan pengisian dengan cara menghubungkan dengan jalur elektrikal motor, atau bisa juga dengan menggunakan trafo charger.

Dalam waktu pengisian kurang lebih setengah jam, anda bisa mencoba melakukan pemeriksaan tegangan menggunakan avo meter. Jika ada tanda tanda tegangan meningkat, artinya cara memperbaiki aki kering yang anda kerjakan berhasil dan sukses.

Perlu di ingat bahwa daya tahan aki kering rekondisi seperti ini tidak akan setara dengan aki baru. Namun setidaknya anda telah menemukan sebuah solusi hemat untuk menjadikan barang yang sudah usang menjadi lebih berharga dan bermanfaat kembali. Selamat mencoba.
LihatTutupKomentar